Tips berkendara aman di musim hujan.

November 21st, 2015 → 12:21 am @ // No Comments

Musim hujan sudah mulai datang mengguyur di sebagian pelosok negeri kita ini. Apalagi di kota Bandung, sudah hampir setiap hari setiap waktu hujan dan tidak menentu. Apabila sudah memasuki musim penghujan banyak aktifitas kita yang di luar ruangan banyak terganggu. Apalagi kalau kita mau bepergiaan ke suatu tempat di saat hujan turun hujan, tentunya anda merasa kesal. Jangan merasa kesal dan kecewa, anda bisa hubungi kami Karizma Rent Car Rental mobil Bandung. Kami akan datang dan melayani kemana pun tujuan anda.

 

Bagi pengguna kendaraan sepeda motor, hujan bisa menjadi kendala paling utama untuk keselamatan di dalam berkendara. Selain hujan bisa membuat keadaan jalan menjadi licin, juga bisa membuat jarak pandang kita terganggu saat berkendara dan mengancam keselamatan para pengendara itu sendiri.

Untuk itu kami akan berikan beberapa tips berkendara aman saat hujan yang mungkin bisa anda sendiri praktekkan, agar saat berkendara di waktu turun hujan menjadi meningkatkan  keselamatan anda sendiri dan orang lain.

1. Periksa tekanan dan alur ban.

Pastikan tekanan ban masih baik dan alur serta ketebalan ban luar masih bagus, jangan sampai kondisi ban sudah mulai gundul tetap anda gunakan. Tekanan ban dan alur ban yang masih baik akan menghindarkan kendaraan melayang di atas air ( aqua planing ) dan tergelincir ( slip ). Jangan ambil resikoberkendara dengan menggunakan ban tipis atau sudah mulai gundul.

 

2. Periksa semua lampu kendaraan.

Pastikan semua aksesoris lampu masih normal, baik lampu utama maupun lampu sein. Jika semua lampu dipastikan masih dalam keadaan normal maka nyalakan lampu utama di saat berkendara baik di malam atau siang hari, terlebih di saat turun hujan. Lampu utama bisa di jadikan tanda keberadaan kita bagi kendaraan lain, sehingga kendaraan lain bisa melihat keberadaan kita.

3.  Pakai alas kaki yang tidak licin dan aman.

Di musim hujan sebaiknya gunakanlah alas kaki yang tidak lici di saat kita berkendara, selain itu juga persiapkan jas hujan yang berbentuk baju dan celana. Karena jas hujan yang seperti ini tadi lebih aman bila dibandingkan dengan yang berbentuk ponco atau jas hujan batman.

4.  Pastikan sistem kontrol kendaraan anda masih normal.

Mulai dari sistem kemudi, pedal, gas, rem maupun kopling apakah dalam keadaan baik dan berilah perawatan ekstra terutama pada saat mulai musim hujan seperti saat ini. Hal ini di maksudkan untuk mengantisipasi keadaan darurat atau kesalahan orang lain yang dapat mengakibatkan kecelakaan di saat berkendara.

5.  Jaga jarak kendaraan anda dengan kendaraan lain.

Langkah ini agar dapat bisa menghindari masalah dan bisa memiliki ruang untuk menghentikan laju kendaraan kita tanpa menabrak kendaraan lain.

6.  Kurangi kecepatan kendaraan anda di saat berkendara musim hujan.

Hal ini bisa menghindarkan kendaraan tergelincir ( slip ) akibat jalan yang licin karena air hujan yang biasanya bercampur dengan oli atau minyak. Mengendarai kendaraan dengan kecepatan rendah apalagi di musim hujan akan membuat semua ban menempel ke jalan dan itu akan membuat daya cengkram ban semakin kuat.

7.  Jangan memaksa menerobos genangan air yang ada di jalan.

Pasalnya hal tersebut bisa membuat kendaraan anda bisa menjadi mogok atau mungkin anda bisa terperosok ke dalam lubang yang ada di dalam genangan air yang tak anda ketahui. Jika anda terjebak banjir dan kendaraan anda mogok jangan sekali kali anda berani coba untuk menghidupkan mesin kendaraan anda, anda baikya anda dorong terlebih dulu ke tempat yang lebih aman. Karena di khawatirkan sitem pengapian kendaraan terjadi konsleting dan bahkan bisa membuat kendaraan anda terbakar.

Demikian beberapa tips berkendara di musim hujan, apabila anda masih ragu untuk berkendara di musim hujan silahkan hubungi kami Karizma Rent CarRental mobil Bandung


Tags: , , , ,

Artikel Terkait :


Fatal error: Call to undefined function similar_posts() in /home/karizmar/public_html/wp-content/themes/karizma/single.php on line 57